10 Mar / 2016

Ya Benar Hanya Anda Saja Yang Benar

 

Judul coretan ane kali ini sedikit membingungkan mungkin karena judulnya Ya Benar Hanya Anda Saja Yang Benar, apa maksud dibalik semua ini? Bwhahaha Ga usah kelamaan cekidot aja yuk.

Ini bermula dari berbagai masalah yang ada, yang timbul dari kejadian nyata dan dialami sendiri oleh ane dan temen ane.

Kasus Pertama

Zulkifli atau yang biasa disebut dengan kipli adalah seorang webmaster dan spammer handal, suatu hari datanglah Darmaji menemui kipli.

Tidak lain hanyalah untuk meminta bantuan agar darmaji bisa mengikuti jejak kipli yang mendapatkan uang dari internet tidak keluar rumah.

Singkat cerita kipli memfasilitasi darmaji sebuah hosting dan domain, tidak lupa kipli memberi suatu berlian yang harganya cukup mahal. Berlian itu adalah perangkat yang bisa membawa beberapa dollar dari website itu.

Kipli dengan tekun mengajari darmaji yang saat itu bersungguh-sungguh ingin bekerja didepan laptop dengan mendapatkan dollar dari internet.

Seminggu kemudian setelah darmaji dianggap cukup mampu dan sudah bisa menjalankan bisnis online itu sendiri, kipli-pun melepas darmaji dengan harapan bisa berkembang dan sesuai dengan yang dia harapkan.

Hari berganti hari bulan berganti bulan, darmaji tidak ada kabar. Kipli mengunjungi darmaji untuk melihat perkembangan sampai saat ini bagaimana, kipli sangat kaget melihat apa yang terjadi.

Ternyata semua modal yang kipli berikan untuk darmaji itu digunakannya untuk hal lain, sebagai gambaran saja gini. Website dengan niche resep masakan tiba-tiba berubah menjadi website dewasa alias penyedia Download Bokep Online.

Tentu saja kipli sangat kaget dan marah namun rasa marah yang dia miliki dipendam dalam-dalam agar pertemanan selama ini tidak hancur.

Dari kasus ini agan bisa menilai gimana gan? Jangan bilang “apa website bokep punya darmaji,” bwhahaha 😀

Oke kita lanjut ke kasus berikutnya.

Kali ini kipli sama beda orang, kali ini namanya sugeng tapi dipanggil ocot dan satu lagi bogel.

Kipli mendirikan usaha distro pakean, kerjasama dengan teman bernama ocot dan bogel. Ini si ocot orangnya emang banyak nyocot makanya dipanggil ocot, dia sebenernya pinter tapi merasa paling pinter. Nah si bogel anaknya pemalas dan mudah terbawa arus.

Singkat cerita selama satu tahun pertama distro mereka naik daun, banyak order. Namun menginjak satu tahun setengah ketika berada diatas, si ocot mulai membuat ulah.

Kipli adalah orang yang berpengalaman dalam dunia distro, sebelum mereka membuat usaha distro itu kipli sudah memiliki distro sendiri di daerah lain yang pada saat itu kipli sering melayani artis-artis indonesia. Namun karena kipli melanjutkan pendidikan di rantau, maka usaha distro milik dia vakum.

Kemudian setelah pendidikan kipli di rantau sudah selesai, kipli membangun lagi usaha distro bersama ocot dan bogel.

Ulah ocot bermacam-macam, salah satunya yang cukup lucu seperti ini. Toko distro kipli bersama ocot berada dipinggir jalan, tiba-tiba ocot menggelar dagangan didepan toko distro, dan barang dagangan ocot itu baju.

Lho kok bisa, toko distro di depan (emperan toko) ada orang jual baju kaki lima?

Emang si ocot udah ijin ke kipli, kipli udah menanyakan “kok jual baju punya sendiri di depan toko?” dijawabnya “cuma bentar kok” sama ocot.

Tapi nyatanya barang dagangan ocot selalu dipajang didepan toko, secara logika kalau ada pembeli pasti memilih barang kaki lima yang didepan toko terlebih harga lebih murah. Dan itu masuk ke kantong ocot sendiri.

Setelah lumayan lama ocot tidak pernah datang ke toko distro, rupanya ocot gelar tikar lagi didekat rumahnya. Jadi selam itu kipli bersama bogel yang selalu datang ke toko untuk mengurus toko, tapi sangat disayangkan setelah naik maka kembali turun.

Kipli berusaha keras agar toko distro ini jangan sampai gulung tikar dengan cara promosi disana-sini seorang diri, karena bogel tidak bisa diandalkan dan sangat malas.

Karena tidak tahan, kipli memutuskan untuk pulang kampung. Semua asset di toko itu dibawanya pulang ke kampung halaman untuk dibuka toko baru lagi.

Eeeh tidak diduga ocot berkata pada bogel dibelakang kipli “Kok semua asset dibawa, terus kita gimana?” dan karena cerita itu menyebar ke orang lain, akhirnya sudut pandang orang mulai berbelok.

Kipli itu mengajak buka usaha tapi curang, sukanya nilep duit toko. Kalo ada orderan borongan dikerjakan sendiri masuk kantong sendiri. Kipli bener-bener ga mikir kalau kipli salah besar, dll.

Asset modal siapa, barang punya siapa, penanggung jawab siapa, kok dianggap curang.

Kalo asset modal emang punya kipli ya hak kipli buat melakukan sesuatu, ditoko barang punya kipli kok minta barang dibagi dua.

Selama yang ane ketahui, kipli itu orangnya jujur walau sifatnya keras tapi keras untuk menyelamatkan bersama. Toh perjanjian awal memang kipli punya modal, bogel dan ocot membantu bisnis distro kipli ini, meskipun pembagian hasil dibagi rata karena kipli ocot dan bogel adalah teman satu angkatan.

Tapi kalau menganggap kipli itu salah ya bukan urusan ane, kipli aja ga ngurusin kok. Setau ane kalo perjanjiannya kaya gitu ya itu hak penuh punya kipli, dan kalo pada bantah ga pernah ada perjanjian ya mending ane “Bacok kepala ente”. Buktinya ocot dan bogel tidak punya modal untuk buka usaha distro saat itu, dan toko distro mereka sebenarnya masih ada hutang ke bank tapi dilunasi oleh kipli sendirian.

Banyak sekali orang yang merasa dirinya benar dan orang lain salah, karena emang lebih enak dan lebih asyik mikir itu dari sudut pandang diri sendiri. Jadi kalo menurut diri sendiri A benar, berarti si B pasti salah.

Semoga coretan ane kali ini bisa manjing dan memberi manfaat sekaligus pelajaran agar BERHATI-HATI dalam memulai dan menjalankan bisnis.

Jangan membangun usaha bersama dengan teman satu angkatan yang terlihat pintar dan terlihat semangat di awal, karena pintar bukan jaminan. Bisa jadi dia pintar tapi merasa paling pintar dan menyalahkan semua orang, karena menganggap dirinya-lah yang pintar. Karena orang pintar di cocot saja bakal selalu meyakinkan orang lain bahwa omongan dia adalah benar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *